Widget HTML #1

2 Cara Mengambil Screenshot di Komputer

Mengambil screenshot di komputer bukan hal yang sulit, namun saya yakin masih ada yang belum tahu bagaimana caranya. Mengambil screenshot digunakan untuk menyimpan tampilan gambar pada aktivitas yang kita lakukan yang muncul pada layar komputer. Bagi anda yang menggunakan sistem operasi Windows baik itu Windows 7,8, atau 8.1, anda bisa menggunakan cara sederhana untuk melakukan screenshot pada aktivitas yang sedang dilakukan.

Ada dua cara untuk mengambil screenshot, yang pertama dengan menggunakan aplikasi Snipping Tool, dan yang kedua dengan menggunakan keyboard dengan menekan tombol "Print Screen SysRq." Berikut langkah-langkah nya :
- Menggunakan Snipping Tool
Klik start menu, lalu klik All Programs dan buka folder Accesories, lalu klik Snipping Tool

snipping tool

Setelah itu akan secara otomatis, aplikasi tersebut akan menjalankan fungsi screenshot nya dan anda bisa langsung mengarahkan bagian mana saja yang akan ditampilkan. Berikut contoh hasil screenshot menggunakan snipping tool :

contoh screenshot

Ada beberapa fitur yang disediakan snipping tool untuk mengedit hasil yang kita buat, apabila sudah selesai klik "Save" untuk menyimpan gambar

- Menggunakan keyboard (Print Screen SysRq)
Cara yang kedua ini sangat mudah sekali, anda hanya perlu menekan tombol Print Screen SysRq (biasanya ada disebelah kanan atas keyboard) setelah itu anda klik Ctrl+V pada aplikasi paint. Untuk cara ini akan mengambil screenshot secara full, namun anda bisa mengedit nya nanti menggunakan aplikasi paint. Berikut contoh screenshot menggunakan tombol Print Screen SysRq :

hasil ss

Gambar diatas merupakan hasil screenshot menggunakan keyboard, lalu dipastekan (Ctrl+V) di aplikasi paint, dan anda pun bisa mengedit hasil nya.

Posting Komentar untuk "2 Cara Mengambil Screenshot di Komputer"