Widget HTML #1

Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector

Terkadang ketika sedang menggunakan komputer tiba-tiba mati karena padam listrik, hal tersebut bisa menyebabkan terjadinya bad sector pada hardisk, selain itu menyebabkan eror pada sistem. Kalau sudah bad sector pada hardisk bisa menyebabkan proses penulisan dan pembacaan data semakin lambat dan membuat kinerja komputer semakin lambat.

Ada dua jenis hardisk bad sector, yaitu hard bad sector dan soft bad sector. Untuk hard bad sector sudah tidak bisa diperbaiki karena adanya kerusakan fisik pada hardisk itu sendiri, sedangkan soft bad sector masih bisa diperbaiki.

Nah, saya sendiri sering mengalami soft bad sector dan ada beberapa cara yang saya lakukan untuk memperbaiki kondisi bad sector ini, dengan menggunakan fasilitas "Chkdsk" yang ada pada sistem Windows. Berikut cara untuk menggunakan nya :
1. Buka Windows Explorer
2. Klik kanan pada disk yang akan diperbaiki, lalu pilih properties

chkdsk

3. Setelah itu pilih tools, lalu klik check now dan klik start

Catatan : Jangan membuka banyak aplikasi ketika sedang menjalankan program check disk ini, karena akan memperlambat proses nya.

Selain menggunakan program yang telah disediakan oleh pihak Microsoft, saya pun suka menggunakan 2 software lain, yaitu HDD Regenerator dan Hard Disk Sentinel.

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector"