Widget HTML #1

2 Software Pengatur Kecerahan Monitor

Mengatur kecerahan pada monitor sangatlah penting, karena hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata. Apabila kecerahan monitor nya pas, maka mata pun tidak akan cepat lelah dan anda pun akan merasa nyaman. Selain itu tingkat kecerahan monitor harus disesuaikan dengan waktu penggunaan dan kondisi ketika menggunakan. Maksud nya ketika siang hari dan sore hari, harus dibedakan tingkat kecerahannya begitu pula apabila ruangan yang kita gunakan agak redup atau terang maka kita harus mengatur nya supaya pas.

Sebenarnya, kita bisa mengatur tingkat kecerahan monitor melalui menu yang disediakan oleh monitor itu sendiri. Misalnya, saya menggunakan monitor merk AOC. Apabila anda menggunakan monitor seperti yang saya gunakan, anda dapat mengatur nya melalui menu setting yang digunakan pada menu Luminance lalu anda bisa mengatur kontras dan brightness nya. Selain itu, windows sendiri menyediakan fasilitas untuk mengatur tingkat kecerahan monitor, namun kali ini saya akan membahas mengenai dua software pengatur tingkat kecerahan monitor yang pernah saya gunakan. Berikut software nya :

1. F.lux
flux
Sumber : https://justgetflux.com/
Software ini merupakan salah satu software yang pernah saya gunakan untuk mengatur tingkat kecerahan monitor. Dan menurut pendapat saya, software ini cukup bagus karena bisa mengatur tingkat kecerahan monitor secara otomatis sesuai dengan waktu. Maksud nya, apabila siang hari maka kecerahan nya cukup. Apabila sore hari maka kecerahannya akan agak diredupkan secara otomatis. Namun anda harus mengatur lokasi koordinat tempat tinggal anda, karena waktu matahari terbit dan terbenam berbeda-beda di setiap lokasi. Selain itu, yang saya suka dari software ini karena ukurannya cukup kecil dan tersedia selain untuk windows, tersedia juga untuk Linux, Mac, dan IPhone. Bagi anda yang penasaran untuk mencoba nya, anda bisa mengunjungi website resmi nya di https://justgetflux.com/

2.SBright
SBright

Selain menggunakan F.lux untuk mengatur tingkat kecerahan monitor, saya juga pernah menggunakan software SBright. Mungkin anda juga sudah tahu dari nama nya (SBright), software ini juga sama fungsi nya dengan software F.lux. Bedanya, kalau F.lux itu mengatur tingkat kecerahannya secara otomatis sesuai dengan waktu, kalau software SBright yang harus mengatur tingkat kecerahannya adalah kita. Ada beberapa opsi tingkat kecerahan dari 10%, 25%, 50%, 75%, dan 100%. Memang fitur yang disediakan oleh software ini sangat sedikit apabila dibandingkan dengan software F.lux, namun hal itu bisa dikatakan wajar karena ukuran software ini sangat kecil yaitu 512 Kb dan juga bersifat portable. Bagi anda yang ingin mencoba nya, bisa mengunduh file SBright ini di Softpedia.

Posting Komentar untuk "2 Software Pengatur Kecerahan Monitor"