Widget HTML #1

4 Emulator Android Terbaik Untuk PC

Ada beberapa alasan seseorang lebih suka menjalankan aplikasi android di komputer. Misal nya, agar pengalaman bermain game android lebih maksimal dengan monitor komputer yang lebih besar. Selain itu, pengguna bisa menggunakan keyboard untuk memainkan game kesukaan nya. Tentu nya hal ini bisa menambah kenyamanan dalam bermain game android. Untuk menjalankan aplikasi android di komputer dibutuhkan aplikasi emulator android.

emulator android terbaik

Ada banyak pilihan aplikasi emulator android yang bisa digunakan, mulai dari emulator Nox Player, Bluestacks, Koplayer, dan lain-lain. Tentu nya dalam pemilihan emulator android ini harus disesuaikan dengan spesifikasi komputer yang digunakan. Karena setiap emulator android memiliki persyaratan spesifikasi minimal sebuah komputer agar bisa dijalankan dengan lancar. Jika spesifikasi komputer kita tidak terlalu tinggi, maka disarankan pula untuk menggunakan emulator android yang ringan sehingga bisa lancar untuk digunakan. Berikut beberapa pilihan emulator android yang bisa anda gunakan untuk menjalankan aplikasi android di komputer :

1. Nox Player

Emulator android ini merupakan salah satu emulator android yang populer selain emulator Bluestacks. Emulator ini tersedia dalam versi Windows dan Mac. Menggunakan sistem operasi android berbasis kitkat dengan versi 4.4.2 yang kompatibel dengan X86 atau AMD. Meski bisa dibilang sudah tertinggal beberapa versi dari versi android terbaru, namun performa Nox Player dalam menjalankan aplikasi android cukup bagus. Selain itu, ada beberapa fitur yang ditawarkan oleh emulator Nox Player. Diantara nya fitur kontrol keyboard, fitur lokasi virtual, fitur tangkap layar, fitur rekam layar, dan lain-lain.

Spesifikasi minimal yang dibutuhkan dalam menjalankan emulator Nox Player ini, yaitu prosesor dual core dengan ram 2 gb. Sedangkan spesifikasi yang disarankan oleh pihak Nox, yaitu prosesor dengan multi core, ram 4 gb, dan mendukung VT-x atau AMD-V. Saya pun membuat ulasan tersendiri mengenai emulator Nox Player ini yang bisa anda lihat di Ulasan Singkat Nox Player. Berikut review Nox Player yang saya dapatkan via Youtube :

2. Bluestacks

Emulator android yang tidak kalah populer dengan Nox Player. Saat ini versi terbaru dari Bluestacks adalah versi 3. Emulator ini bisa digunakan di sistem operasi Windows atau Mac. Setidaknya untuk menjalankan emulator bluestacks ini dibutuhkan spesifikasi komputer dengan ram minimal 2 gb.

3. Memu Play

Emulator ini support untuk prosesor tipe Intel maupun AMD. Untuk performa yang lebih maksimal dalam menjalankan emulator ini disarankan untuk mengaktifkan mode virtualisasi cpu. Emulator ini memiliki pengaturan keyboard, pilihan untuk menginstall aplikasi baik lewat Google Play Store atau lewat data di komputer. Memu berjalan pada sistem operasi android lolipop versi 5.1.1.

4. Koplayer

Emulator android ini berjalan pada arsitektur x68 yang memiliki fitur seperti Open GL dan akselerasi hardware sehingga bisa bekerja lebih cepat dan stabil. Fitur-fitur yang diberikan oleh emulator koplayer ini, diantaranya fitur multi akun, perekaman layar, gamepad, kontrol keyboard, dan google play store yang telah terintegrasi. Spesifikasi minimum yang harus digunakan untuk menjalankan emulator ini, yaitu kartu grafis yang mendunkung Open GL 2.0, ram dengan ukuran 512 mb, prosesor yang mendukung mode virtualisasi.

Itulah beberapa pilihan emulator android yang bisa anda gunakan untuk menjalankan aplikasi android di komputer. Tips untuk menjalankan emulator android, saya sarankan untuk menutup aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan. Hal ini bertujuan agar kinerja komputer lebih maksimal dalam menjalankan aplikasi emulator android. Selain itu, hal yang harus diperhatikan adalah kesesuaian spesifikasi komputer yang digunakan dengan emulator android. Minimal prosesor yang digunakan yaitu dual core dan mendukung virtualisasi cpu dengan ram minimal 2 gb.

Posting Komentar untuk "4 Emulator Android Terbaik Untuk PC"