Widget HTML #1

3 Cara Mempercepat Loading Blog

loading blog
Loading halaman blog yang ringan merupakan salah satu faktor penting agar blog anda disenangi oleh pengunjung. Selain itu, salah satu penilaian google dalam algoritma nya adalah memperhitungkan seberapa cepat loading halaman blog anda. Apabila halaman loading blog anda ringan, ukurannya kecil maka akan memudahkan kepada spider (laba-laba), robot search engine untuk merayapi halaman-halaman blog anda dan juga memudahkan kepada para pengunjung untuk menavigasi dan melihat konten-konten yang disediakan oleh blog anda.

Saya sendiri, kurang suka dengan blog yang ketika dimuat itu lambat bisa jadi karena banyak script yang terpasang atau pun faktor yang lainnya. Pengalaman saya, ketika saya belum mengenal dunia blogging, saya pernah disuruh untuk mengerjakan tugas yang harus dicari di internet. Ketika saya buka sebuah blog, blog tersebut sangat lama sekali terbuka sehingga saya memutuskan untuk menutup blog tersebut dan mencari nya di blog yang lain. Hal tersebut merupakan salah satu dampak dari berat nya (lambat) nya sebuah blog akan membuat pengunjung merasa tidak nyaman dan pergi meninggalkan blog anda.

Lantas, bagaimana cara nya supaya para pengunjung merasa nyaman ? Salah satu nya dengan mempercepat/memperkecil halaman blog anda, dengan begitu akan memudahkan kepada para pengunjung utnuk melihat konten yang telah kita sediakan. Berikut beberapa tips dan trik supaya loading halaman blog anda lebih cepat :
1. Compress ukuran CSS
Dengan memperkecil ukuran CSS, maka secara otomatis halaman blog anda pun akan lebih ringan ketika dimuat. Selain itu buang CSS yang tidak terlalu penting dan gunakan tag kondisional pada CSS agar ditampilkan dihalaman tertentu saja. Berikut beberapa situs online untuk memperkecil ukuran CSS, diantara nya :
  • csscompressor.com
  • www.minifycss.com/css-compressor
  • cssminifier.com
Anda bisa menggunakan salah satu dari ketiga situs tersebut untuk memperkecil CSS yang ada di blog anda.

2. Compress ukuran Javascript
Selain CSS, Javascript yang berlebihan pada blog akan membuat halaman blog menjadi lebi berat. Selain itu hapus juga Javascript yang memang tidak diperlukan. Dan berikut beberapa situs online untuk memperkecil ukuran Javascript :
  • javascriptcompressor.com
  • jscompress.com
  • refresh-sf.com
3. Memperkecil ukuran gambar
Gambar pun merupakan salah satu faktor yang menyebabkan cepat atau lambat nya sebuah blog ketika dimuat. Saya pun sering melakukan hal ini, dan saya sarankan bagi blog yang bertema tutorial untuk selalu memperkecil ukuran gambar. Karena biasa nya kalau blog yang bertema tutorial itu sering banyak gambar nya, maka dari itu poin yang ini harus diterapkan. Ada beberapa tool (alat) / software yang dapat digunakan untuk memperkecil ukuran gambar, salah satu nya PNG Compressor. Selain itu banyak juga, situs online yang menyediakan layanan untuk memperkecil ukuran gambar, berikut diantaranya :
  • www.imageoptimizer.net
  • jpeg-optimizer.com
  • compressjpeg.com
Paling tidak, ketiga hal diatas merupakan faktor yang sangat berpengaruh dalam kecepatan loading sebuah blog, selain itu banyak juga hal yang dapat dilakukan seperti :
  1. Mengurangi widget blog yang tidak diperlukan
  2. Membatasi jumlah iklan
  3. Menghindari gambar sebagai background blog
Dan masih banyak hal lainnya, silahkan anda terapkan di blog anda, apabila sudah selesai coba cek kecepatan loading blog anda pada 3 situs untuk mengecek kecepatan loading blog.

Posting Komentar untuk "3 Cara Mempercepat Loading Blog"