Widget HTML #1

Situs Untuk Mengetes Kecepatan Internet

Saat ini, internet merupakan salah satu bagian penting dalam kehidupan manusia. Kenapa dikatakan penting ? Karena, pada zaman yang serba modern ini sudah banyak berbagai perangkat yang terhubung kedalam internet, mulai dari ponsel, tablet, jam tangan pintar (smart watch), televisi pintar (smart tv), dan perangkat lainnya mulai banyak yang terkoneksi ke internet. Selain itu kebutuhan akan informasi dan hiburan yang memicu penggunaan internet semakin meningkat.

Seperti yang kita ketahui, sekarang ini di dunia ekonomi saja sudah banyak yang menggunakan penerapan internet. Salah satu contoh nya, yaitu belanja online. Sekarang banyak sekali orang yang lebih senang belanja online karena dengan berbagai kelebihannya, diantara nya tidak perlu antri, lebih praktis dan efisien, lebih cepat, dan alasan-alasan lain nya. Maka dari itu, untuk saat ini internet tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan kita.

Terkadang, ketika kita menggunakan internet, kecepatan internet yang kita gunakan berbeda-beda. Hal tersebut saya rasakan, apabila saya menggunakan internet di warnet dengan menggunakan internet di rumah, perbandingan nya cukup jauh dan lebih nyaman menggunakan internet di warnet. Banyak sekali faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet, mulai dari ISP yang digunakan, sinyal jaringan yang tersedia, kepadatan lalu lintas internet, dan yang lainnya. Mungkin anda penasaran, seberapa cepat internet yang sedang anda gunakan. Anda dapat mengecek nya melalui beberapa cara, diantara nya dengan menggunakan software pengetes kecepatan internet atau pun anda bisa mengecek nya melalui situs online khusus untuk pengecekan kecepatan akses internet yang sedang anda gunakan.

Nah, kali ini saya akan membagikan beberapa situs yang dapat anda gunakan untuk mengetes kecepatan internet anda. Berikut beberapa situs nya :
1. Speedtes.net by Ookla
Mungkin bagi anda yang pernah mengecek kecepatan akses internet, sudah tidak asing dengan situs yang satu ini karena situs ini merupakan salah satu situs populer untuk mengetes kecepatan internet. Mengutip informasi dari situs tersebut, situs ini merupakan situs pengetes kecepatan internet yang paling populer di dunia, karena lebih dari 5 juta tes yang dilakukan dalam sehari. Selain itu cakupan nya global yang dilakukan lebih dari 2.500 server yang ada di dunia dan hasil nya pun cukup akurat. Yang saya suka dari situs ini, yaitu halaman loading nya yang tidak terlalu berat, dan tampilan situs nya yang cukup menarik dan terkesan professional.
Berikut contoh hasil pengetesan nya :
hasil tes Ookla

Hasil yang ditampilkan cukup informatif, selain itu anda bisa menilai ISP yang anda gunakan pada menu yang telah disediakan. Saya mengetes kecepatan internet dengan menggunakan ISP Three.

2. Telin Speed Test
Untuk speed test yang satu ini cocok digunakan untuk mengecek kecepatan internet dengan alamat ip lokal. Situs yang satu ini tampilan nya pun sangat sederhana yang ditampilkan hanya plugin nya saja, berikut screenshoot hasil tes nya :
hasil tes Telin

Selain menampilkan hasil kecepatan download dan upload nya, situs yang satu ini pun menampilkan waktu ketika kita melakukan pengetesan.

Selain yang dua diatas masih banyak, situs untuk melakukan pengetesan kecepatan akses internet, diantara nya :
  • speedtest.cbn.net.id/
  • www.vioomax.com/speedtest.htm
  • wigo.co.id/tools/speedtest.aspx

Posting Komentar untuk "Situs Untuk Mengetes Kecepatan Internet"