Widget HTML #1

Cara Mengecek Jumlah Backlink Blog

Backlink merupakan salah satu hal yang penting dalam membangun sebuah blog. Sebuah blog akan ramai (memiliki banyak trafik) apabila artikel-artikel yang diterbitkan di blog tersebut berada di posisi halaman pertama (page one) di search engine. Dan salah satu faktor penentu rangking blog di search engine, yaitu backlink. Meskipun kualitas artikel pun harus diperhatikan, namun backlink juga memiliki peranan tersendiri dalam penentuan posisi rangking.

Dikarenakan backlink merupakan hal yang cukup penting, maka kali ini saya akan membahas mengenai cara mengecek jumlah backlink blog dengan menggunakan beberapa situs. Sebenarnya banyak sekali situs yang dapat kita gunakan untuk mengecek jumlah backlink blog, namun saya akan menjelaskan sebagiannya saja. Berikut situs untuk mengecek jumlah backlink blog :
1. Google Webmaster Tool
Sebelumnya, saya pernah membahas mengenai cara mengirim sitemap blog ke Google Webmaster Tool. Selain dapat digunakan untuk mengirim sitemap, layanan google yang satu ini pun dapat kita gunakan untuk mengecek jumlah backlink blog. Hasil laporan nya pun bisa dikatakan bagus dibandingkan dengan tool yang lainnya. Kita dapat mengetahui backlink per setiap halaman yang ada di blog kita. Berikut cara untuk mengecek nya :
  • Masuk ke google webmaster tool terlebih dahulu
  • Klik situs anda
  • Setelah itu klik menu Tautan ke Situs Anda
tautan situs
  • Setelah itu akan muncul informasi mengenai backlink yang mengarah ke blog anda
backlink blog

Anda pun bisa melihat secara lengkap daftar konten yang paling banyak memiliki backlink atau pun situs mana yang paling banyak memberikan backlink dengan mengklik selengkapnya.

2. Alexa - Actionable Analytics for the Web
Bagi anda yang sudah lama menggeluti dunia blogging, mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama yang satu ini. Alexa merupakan salah satu situs analisa suatu website yang banyak digunakan oleh berbagai website. Bahkan banyak sekali orang yang memerhatikan nilai rangking pada Alexa ini, karena sering dijadikan tanda sebuah website itu ramai atau tidak nya. Selain itu nilai jual blog anda akan meningkat apabila rangking blog di Alexa semakin bagus. Cara untuk mengecek backlink di situs ini cukup mudah, anda hanya tinggal mengunjungi alamat alexa blog anda, seperti http://www.alexa.com/siteinfo/drimtekno.blogspot.com.

Namun, untuk memperoleh alamat seperti itu, anda harus mendaftarkan blog anda terlebih dahulu di situs alexa tersebut. Jika anda sudah mendaftarkannya, anda bisa langsung mengecek nya. Dan berikut contoh hasil laporan backlink dari Alexa :
alexa - backlink

Hasil laporan backlink yang ditampilkan oleh situs Alexa berupa daftar seperti itu. Berbeda dengan Google Webmaster Tool yang menampilkan lebih lengkap lagi, namun anda pun bisa melihat daftar backlink nya lebih banyak lagi di situs Alexa dengan mengupgrade situs yang anda daftarkan.

3. OpenLinkProfiler.org
Untuk situs yang satu ini pun hasil laporan backlink yang ditampilkan cukup bagus. Anda pun dapat mengetahui backlink mana yang sifat nya dofollow atau nofollow. Selain itu situs ini pun menampilkan anchor text backlink, usia backlink, dan yang lainnya yang dapat anda gunakan pada menu yang telah disediakan. Berikut screenshot hasil laporannya :
backlink blog

Anda pun dapat menyaring hasil backlink yang akan ditampilkan oleh situs tersebut, dengan mengatur nya lalu mengklik tombol Filter backlinks.

Sebenarnya masih banyak situs yang dapat anda gunakan untuk mengecek jumlah backlink blog anda. Di setiap tool memiliki kelebihan dan kekurangan nya tersendiri. Berikut beberapa daftar situs lainnya yang dapat anda gunakan untuk mengecek backlink blog :
  • www.backlinkwatch.com
  • https://ahrefs.com
  • smallseotools.com/backlink-checker
  • www.ranksignals.com

Posting Komentar untuk "Cara Mengecek Jumlah Backlink Blog"