Widget HTML #1

Cara Mengetahui Jumlah RAM dan VGA Memory

RAM dan VGA merupakan salah satu komponen penting pada sebuah komputer. Jumlah RAM dan VGA pun akan berpengaruh terhadap kinerja komputer itu sendiri. Misal nya komputer yang memiliki RAM 2 Gb dengan komputer yang menggunakan RAM 4 Gb, pasti hasil kinerja nya akan berbeda dan akan lebih bagus kinerja dengan RAM 4 Gb. RAM (Random Access Memory) berfungsi untuk menyimpan data atau perintah untuk melakukan sebuah task (tugas), yang nanti nya akan diproses oleh prosesor. Sedangkan VGA (Video Graphics Array) berfungsi untuk memproses segala yang berhubungan dengan grafis (tampilan).

Nah, karena RAM dan VGA ini memiliki peranan yang penting dalam kinerja sebuah komputer, maka kita harus mengetahui jumlah RAM dan VGA yang terpasang. Hal ini akan bermanfaat, apabila kita akan menginstall sebuah program, biasanya ada keterangan perangkat keras yang dibutuhkan atau spesifikasi minimum sebelum kita menginstall sebuah program. Ada dua cara untuk mengetahui jumlah RAM dan VGA yang terpasang.
  • Cara Pertama
- Mengetahui Jumlah RAM :
1. Klik start menu
2. Pilih Computer
start menu

3. Klik kanan lalu pilih properties
properties

4. Maka akan muncul data mengenai informasi utama komputer anda
jumlah ram

- Mengetahui Jumlah VGA :
1. Klik kanan, lalu pilih Screen Resolution
screen resolution

2. Lalu klik Advanced settings, maka akan muncul informasi mengenai VGA
jumlah VGA

  • Cara Kedua
Untuk cara yang kedua ini, bisa sekaligus diketahui jumlah RAM dan VGA nya secara bersamaan, karena informasi yang ditampilkan lebih lengkap berbeda dengan cara yang pertama. Berikut langkah-langkah nya :
1. Klik start menu, di kolom search masukan teks "dxdiag" dan klik aplikasi tersebut
dxdiag

2. Maka akan muncul informasi mengenai komputer anda, untuk jumlah RAM akan muncul secara langsung ketika dibuka karena masuk ke dalam menu System, sedangkan untuk jumlah VGA anda harus memilih menu Display terlebih dahulu.
hasil dxdiag

Selain menggunakan kedua cara diatas, anda juga dapat mengetahui hardware yang terpasang di komputer anda, termasuk RAM dan VGA dengan menggunakan aplikasi CPU-Z.

Posting Komentar untuk "Cara Mengetahui Jumlah RAM dan VGA Memory"