Widget HTML #1

Cara Merekam Aktivitas Desktop Menjadi GIF

Bagi anda yang suka baca-baca artikel di internet, terkadang kita suka melihat ada artikel mengenai tutorial namun tutorial itu disajikan dalam bentuk gambar yang bergerak atau gambar dengan format GIF. Namun, biasanya tutorial itu disajikan dalam format video. Sekarang tidak hanya dapat disajikan dalam bentuk video saja, kita bisa membuat tutorial atau merekam aktivitas pada layar desktop dan menyimpannya dengan bentuk gambar yang bergerak, format GIF.

Software yang digunakan untuk membuat tutorial dalam bentuk gambar GIF, adalah LICEcap. LICEcap digunakan untuk merekam aktivitas pada layar dan menyimpannya dalam bentuk gambar GIF. Kelebihan dari software ini adalah ukuran nya yang sangat kecil namun kinerja dan hasil nya cukup bagus. Selain itu, anda pun dapat mengatur hasil format nya, tersedia dalam dua pilihan yaitu GIF dan LCF (LICEcap files). Berikut screenshot software LICEcap ini :
LICEcap

Anda bisa mengatur seberapa lebar dan tinggi, aplikasi LICEcap ini merekam aktivitas pada layar dengan mengatur nya dibagian Size atau men-drag dibagian pinggir window LICEcap, maka nilai size akan otomatis terisi. Dan anda pun bisa mengarahkan nya ke tempat yang ingin anda rekam, selain itu anda bisa mengatur nilai Max FPS (Frame per Second).

Jika anda ingin memulai menggunakan aplikasi ini, anda tinggal klik Record, nanti akan muncul pengaturan untuk menyimpan file, berikut screenshot nya :
simpan LICEcap

Jika sudah diatur, silahkan klik save. Maka secara aktivitas pada layar akan direkam, dan ini contoh hasil nya :
hasil LICEcap

Anda pun dapat melihat tutorial penggunaan dan hasil lainnya dari aplikasi LICEcap ini, berikut alamat nya :
http://www.cockos.com/licecap/how_to_licecap.gif
http://www.cockos.com/licecap/demo2.gif

Posting Komentar untuk "Cara Merekam Aktivitas Desktop Menjadi GIF"