Widget HTML #1

Cara Mengecek Template Blog Responsive

Template blog responsive merupakan salah satu template yang paling digemari oleh para blogger. Alasannya karena template blog yang responsive bisa menyesuaikan elemen yang ada pada blog sesuai dengan ukuran device (perangkat) yang digunakan sehingga nyaman bagi pengunjung untuk menjelajah blog kita. Selain itu, dikarenakan perkembangan teknologi yang semakin pesat, seperti perkembangan gadget. Dimana saat ini ada berbagai ukuran gadget, dan biasanya selalu digunakan untuk berselancar di dunia internet.

Maka dari itu, untuk memudahkan pengunjung (visitor) yang membuka blog anda melalui gadget nya (perangkat mobile) nya, dengan menggunakan template yang responsive akan memudahkan kepada para pengunjung blog anda. Meskipun ada yang lain selain menggunakan template responsive, yaitu dengan menggunakan template yang support (mendukung) versi mobile, dengan begitu blog anda pun akan menyesuaikan sesuai dengan perangkat yang digunakan oleh pengunjung. Secara default, jika anda menggunakan template blog yang disediakan oleh blogger pun, template nya sudah support mobile version.

Nah, disini saya akan menjelaskan bagaimana cara untuk mengecek template blog anda responsive dengan menggunakan situs online yang memiliki fasilitas tersebut. Ada beberapa situs populer yang sering digunakan untuk mengecek template responsive, berikut diantaranya :
1. Responsive Test
Situs ini beralamatkan http://responsivetest.net, dimana anda dapat dengan mudah mengecek apakah template blog yang anda gunakan responsive. Selain itu situs ini memberikan berbagai varian ukuran perangkat, sehingga anda dapat mengecek nya dari berbagai perangkat. Berikut screenshot nya :
cek responsive

Pada situs tersebut anda dapat mengatur ukuran nya dengan mengklik gambar yang ada di kanan atas. Pada screenshoot diatas saya menggunakan ukuran perangkat iPhone 5 dan hasil nya blog ini responsive.

2. Responsinator
Situs ini pun salah satu situs yang sering saya gunakan untuk mengecek blog responsive, yang beralamatkan https://www.responsinator.com. Ada berbagai ukuran perangkat yang disediakan, diantaranya iPhone 5 dan 6 dengan Portrait dan Landscape, iPad, Nexus 4. Berikut screenshot nya :
responsinator

Selain kedua situs diatas, ada situs lain juga yang dapat anda gunakan untuk mengecek template blog responsive, berikut diantara nya :
  • http://mattkersley.com/responsive/
  • https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/
  • http://responsivedesignchecker.com

Posting Komentar untuk "Cara Mengecek Template Blog Responsive"