Widget HTML #1

Cara Mengaktifkan Fitur HTTPS di Blogspot

Salah satu fitur terbaru yang diberikan pihak blogger kepada para penggunanya adalah fitur penggunaan https yang diberikan secara gratis kepada para pengguna nya. Ya, pihak blogger memberikan layanan ini secara gratis. Seperti yang kita ketahui, jika kita ingin mengaktifkan fitur https ini selain di blogspot, tentu nya kita harus menyewa dan harus membayar sendiri. Hal ini merupakan kabar gembira bagi pengguna blogspot yang ingin menggunakan fitur https karena bisa mendapatkan nya secara cuma-cuma.

Hal ini dilakukan agar tercapai nya tujuan dari google sendiri yaitu ingin membuat layanan blog nya menjadi lebih secure (aman) dan memberikan rasa aman kepada para pengunjung nya. Seperti yang telah kita ketahui, bahwa penggunaan fitur https ini biasanya digunakan di situs-situs besar, seperti situs jejaring sosial media (facebook, twitter), situs jual beli online dan lain-lain. Telebih, saat ini penggunaan fitur https di sebuah situs akan menambah poin bagi situs itu sendiri dikarenakan hal ini merupakan salah satu faktor penentu rangking di halaman pencarian google.

Nah, dikarenakan penting nya fitur https ini, banyak alamat blogspot yang sudah mengaktifkan fitur ini, sehingga ketika dibuka maka secara otomatis akan terbuka di alamat https, termasuk blog ini sendiri telah mengaktifkan nya. Cara untuk mengaktifkan nya pun sangat mudah, anda hanya perlu membuka menu setelah lalu lihat dibagian HTTPS. Untuk lebih jelas nya lihat gambar dibawah ini :

fitur https di blogspot

Di bagian HTTPS, pada awal nya status nya "Tidak",anda hanya perlu mengganti nya kepada "Ya". Maka fitur https pun akan aktif di blog anda. Mudah, bukan ?

Catatan :
- Setelah anda mengaktifkan fitur https ini, akan ada peringatan kurang lebih seperti ini "jangan campurkan konten antara http dengan https" ketika anda mengedit template. Hal tersebut memang harus anda lakukan agar penggunaan nya maksimal, dan nanti di kolom alamat situs akan muncul icon gembok warna hijau yang menunjukkan fitur https di blog anda telah bekerja secara sepenuh nya.
- Setelah mengaktifkan fitur ini, trafik blog akan menurun (itu yang saya rasakan). Hal ini wajar, karena akan ada perubahan alamat di hasil pencarian dari http ke https
- Jangan lupa submit ulang sitemap di google webmasters agar hasil index ke perubahan https ini bisa lebih cepat sehingga dapat mengembalikan trafik yang sempat menurun.

Posting Komentar untuk "Cara Mengaktifkan Fitur HTTPS di Blogspot"