Widget HTML #1

Cara Mengatur Tingkat Kecerahan Layar Android

Android merupakan salah satu sistem operasi mobile yang paling banyak digunakan. Sistem operasi ini banyak digunakan karena memiliki fitur-fitur yang memudahkan para penggunanya. Selain itu, banyak sekali dukungan aplikasi dari para pengembang untuk sistem operasi ini. Sehingga tak heran, jika android menjadi sistem operasi mobile yang populer.

Sistem operasi android ini, banyak digunakan oleh para produsen smartphone. Para produsen smartphone memberikan ciri khas nya tersendiri terhadap produk yang mereka buat. Salah satu nya layar amoled, layar melengkung, mengusung layar anti gores, dan lain-lain. Nah, biasanya berbeda jenis layar yang digunakan, berbeda pula hasil tampilan yang ada. Ada yang layar nya jernih atau sebaliknya.

Didalam sistem operasi android ini, kita bisa mengatur tingkat kecerahan layar smartphone. Biasanya pengaturan tingkat cahaya layar smartphone tersebut, bertujuan agar mata kita bisa lebih nyaman ketika menggunakan smartphone. Pengaturan tingkat kecerahan layar android dilakukan jika kita menggunakan hp android di ruangan yang intensitas cahaya nya berbeda. Misal nya jika di siang hari atau ditempat yang terang, maka layar hp android kita pun harus disesuaikan begitu pula sebaliknya.

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengatur tingkat kecerahan layar di hp android :
1. Dengan menggunakan pengaturan yang telah disediakan oleh android.
Cara yang pertama ini sangat mudah, yaitu :
- Anda tinggal masuk ke menu pengaturan di hp anda. Lalu pilih pengaturan tampilan.
icon pengaturanpengaturan tampilan

- Setelah itu pilih menu kecerahan, dan anda tinggal mengatur tingkat kecerahan layar. Untuk meredupkan, anda tinggal geser ke sebelah kiri, sedangkan untuk menambah tingkat kecerahan layar anda tinggal menggeser nya ke sebelah kanan. Anda pun bisa mengaktifkan mode kecerahan otomatis. Dengan mengaktifkan fitur ini, maka tingkat kecerahan layar akan menyesuaikan sesuai dengan tingkat cahaya di lingkungan ketika anda menggunakan hp.
menu kecerahanpengaturan kecerahan
Menu pengaturan diatas, menggunakan HP Huawei Honor 4C. Mungkin untuk merk yang lain tampilannya sedikit berbeda, namun pada dasarnya pengaturan nya sama saja.

2. Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga.
Ada banyak aplikasi yang dapat kita gunakan, namun saya menggunakan aplikasi night mode untuk mengatur tingkat kecerahan layar. Anda bisa mendapatkan aplikasi night mode ini, di Google Play Store : Night Mode
Sangat mudah sekali untuk menggunakan aplikasi ini. Setelah anda memasangnya, anda buka aplikasi tersebut. Lalu geser ke kanan atau ke kiri untuk mengatur tingkat kecerahan, setelah itu klik start.
aplikasi night mode

Berikut perbedaannya, jika pengaturan tingkat kecerahan layar nya redup dan terang. Yang sebelah kiri, tingkat kecerahan nya 24% sedangkan yang sebelah kanan 94%.
redup di night modeterang di night mode

Dengan melakukan pengaturan tingkat kecerahan layar, mata kita bisa lebih nyaman dalam melihat layar. Selain itu, anda pun bisa mengatur tingkat kecerahan tersebut sesuai dengan kondisi lingkungan (tingkat kecerahan) ketika anda menggunakan hp.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatur Tingkat Kecerahan Layar Android"