Widget HTML #1

Cara Mengetahui Spesifikasi HP Beserta Versi Android Nya

Bagi anda yang berencana untuk membeli hp android, anda perlu memperhatikan spesifikasi hp android yang hendak anda beli. Hal tersebut dilakukan karena setiap aplikasi di android memiliki system requirement yang berbeda-beda. Jika anda menginginkan multi tasking yang lancar, setidaknya anda harus membeli hp android yang memiliki ram 2 GB. Selain itu, jika anda membeli hp android yang bekas, anda pun harus teliti untuk mengecek spesifikasi hp yang akan dibeli, karena tidak sedikit ada hp yang tidak sesuai spesifikasi nya alias palsu.

Selain melihat spesifikasi dari hp yang hendak dibeli, anda pun harus memperhatikan pula versi android yang terpasang. Saya sarankan untuk saat ini, setidaknya membeli hp android yang sudah versi kitkat. Karena biasanya dukungan update untuk versi android lawas sudah berkurang dari para pengembang dan mulai berpindah ke versi android yang lebih baru. Ada versi android yang lebih tinggi dari kitkat, yaitu versi lollipop, marshmallow, dan nougat.

Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk mengecek spesifikasi beserta versi android nya, yaitu :
1. Menggunakan aplikasi bawaan dari android itu sendiri
Caranya sangat mudah, anda tinggal masuk ke menu pengaturan. Setelah itu anda pilih menu tentang ponsel.
pengaturantentang ponsel

Nanti akan muncul, informasi lengkap mengenai spesifikasi dan juga versi os android yang digunakan. Informasi yang ditampilkan mulai dari, nomor model, nomor pembuatan, jenis cpu, ram, memori, resolusi layar, versi android, dan lain-lain.
emui 3.0status android

Anda pun bisa melihat status perangkat anda, mulai dari status baterai, tingkat baterai, dan yang lainnya.
info android
Informasi spesifikasi diatas menggunakan HP Huawei Honor 4C. Mungkin di bagian cara pencarian pengaturan untuk melihat spesifikasi agak berbeda dengan merk yang lain. Namun, pada dasarnya sama saja.

2. Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga
Selain menggunakan aplikasi bawaan dari hp untuk mengecek spesifikasi hp android, kita pun bisa melihat spesifikasi hp android dengan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak aplikasi yang dapat kita pakai, diantaranya CPU-Z, Antutu Benchmark, Android Hardware Info, dan lain-lain. Kali ini, saya akan mencoba aplikasi CPU-Z untuk melihat spesifikasi hp.

Saya lebih suka menggunakan aplikasi CPU-Z, karena penggunaannya sangat mudah dan tampilan nya pun sangat sederhana namun memberikan informasi yang cukup lengkap. Anda bisa mendapatkan aplikasi CPU-Z ini di Google Play Store : CPU-Z.

Berikut cara penggunaannya :
Setelah anda memasang aplikasi CPU-Z, silahkan buka aplikasi tersebut. Nanti, akan muncul informasi lengkap dari perangkat anda. Mulai dari jenis prosesor yang digunakan, informasi perangkat, sistem, baterai, sensor, dan lain-lain.
icon cpu zcpu z

Berikut informasi spesifikasi perangkat dan baterai. Saya menggunakan HP Huawei Honor 4C. Anda pun bisa melihat informasi lainnya dengan memilih menu informasi yang ada.
spesifikasi hpspesifikasi baterai

Aplikasi CPU-Z ini memiliki rating 4,5 di Google Play Store. Selain menggunakan aplikasi CPU-Z, ada banyak aplikasi lain yang bisa anda gunakan untuk mengecek spesifikasi lengkap dari perangkat android.

Posting Komentar untuk "Cara Mengetahui Spesifikasi HP Beserta Versi Android Nya"