Widget HTML #1

Pengertian Internet dan Manfaat nya Secara Umum

jaringan internet
ozoneparis.net

Pengertian Internet

Internet merupakan singkatan dari kata Interconnection-Networking, yang berarti saling terhubung nya jaringan komputer dengan menggunakan standar sistem TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Dengan menggunakan internet, sebuah komputer atau alat elektronik bisa saling terhubung dengan menggunakan berbagai tipe komunikasi seperti pesawat telepon, satelit, dan lain-lain.

Sedangkan menurut KBBI (http://kbbi.web.id/internet), internet berarti jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dan fasilitas komputer yang terorganisasi di seluruh dunia melalui telepon atas satelit berinternet.

Internet sendiri pada awalnya, merupakan proyek yang digarap oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat, yaitu lembaga ARPA. Proyek nya yang bernama ARPANET dikembangkan dengan tujuan untuk memudahkan komunikasi dan juga pemindahan data dari satu tempat ke tempat lain melalui perantara komputer. Seiring dengan berjalan nya waktu, teknologi internet ini semakin berkembang hingga pada akhirnya teknologi internet ini dipublikasikan kepada masyarakat umum. Dan dikenal lah istilah INTERNET yang merupakan proyek dari pengembangan ARPANET.


Manfaat Internet Secara Umum


manfaat internet
korsvet.com
1. Memudahkan dalam pencarian dan penyebaran informasi
Dengan menggunakan teknologi internet, seseorang bisa dengan mudah menyebarkan informasi yang dimilikinya. Begitu pula, dengan seseorang yang mencari sebuah informasi di internet. Banyak sekali informasi yang dapat diperoleh dari internet.

2. Memudahkan dalam berkomunikasi
Tidak seperti zaman dahulu, jika ingin berkomunikasi harus menggunakan surat atau telegram. Dengan adanya internet, kita bisa berkomunikasi menggunakan surat digital (e-mail). Selain itu, banyak nya layanan komunikasi online yang dapat kita gunakan, seperti aplikasi facebook, whatsapp, telegram, dan lain-lain.

3. Lebih cepat dan efisien
Poin ketiga ini berhubungan erat dengan poin pertama dan kedua. Dengan menggunakan fasilitas internet, pencarian informasi dan komunikasi bisa dilakukan dengan cepat dan efisien. Karena dengan internet, kita tidak mesti bertatap muka secara langsung, melainkan bisa melakukan komunikasi dengan jarak jauh bahkan antar benua sekalipun.

4. Sebagai sarana pendidikan
Zaman sekarang sudah banyak media-media pembelajaran dalam bentuk digital. Dan banyak pula yang mengupload media pembelajaran tersebut kedalam internet. Kita bisa belajar dengan berbagai situs e-library (perpustakaan online), e-school (sekolah online) dan lain-lain.

5. Sebagai sarana untuk berbelanja
Seiring dengan berjalan nya waktu, berbelanja tidak hanya dilakukan di pasar atau toko saja. Dengan adanya internet, kita bisa melakukan transaksi melalui internet. Hal tersebut, diaplikasikan melalui banyak nya toko online (online shop). Di indonesia sendiri, terdapat banyak toko online yang terkenal, seperti Lazada, Bukalapak, Tokopedia, dan lain-lain.

6. Sebagai sarana hiburan
Internet pun bisa dijadikan sebagai sarana hiburan. Ada banyak situs yang dapat kita buka, sebagai sarana hiburan seperti Youtube.

7. Sebagai sarana untuk bekerja
Dengan menggunakan internet, kita bisa bekerja di rumah tanpa harus ke kantor. Ya, banyak sekali lowongan pekerjaan yang dilakukan melalui internet. Orang banyak mengenal nya dengan istilah freelancer atau pekerja lepas. Banyak juga lowongan pekerjaan yang tersedia di internet. Selain itu, banyak orang yang menjadikan youtube, blogger, dan yang lainnya sebagai pendapatan utama nya.

Banyak sekali manfaat dari adanya teknologi internet ini. Meskipun banyak sekali manfaat yang kita rasakan, namun dalam suatu hal tidak luput dari dampak negatif nya. Semoga kita bisa menyikapi dengan bijak teknologi internet ini.

Posting Komentar untuk "Pengertian Internet dan Manfaat nya Secara Umum"