Blogging | Komputer | Sosial Media

Ringkasan Sejarah Perkembangan Internet

Sejarah Singkat Internet

Sejarah internet berawal dari pengembangan komputer elektronik pada tahun 1950-an. Konsep awal dari jaringan internet ini berasal dari beberapa laboratorium ilmu komputer di Amerika Serikat, Inggris, dan Perancis. Pada tahun 1969, Departemen Pertahanan Amerika Serikat mengembangkan sebuah jaringan yang bernama ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) melalui lembaga proyek nya yaitu ARPA.

Lembaga proyek ARPA ini mendemonstrasikan bagaimana software dan hardware bisa digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh.  Awal dari pengembangan proyek internet ini digunakan untuk kepentingan militer. Pengembangan jaringan internet ini dilakukan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk menghubungkan komputer-komputer yang tersebar diberbagai daerah vital. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat yang mudah dihancurkan jika terjadi perang.

Pada awalnya, proyek ARPANET ini dibentuk secara khusus dengan menghubungkan 4 situs saja, yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah. Keempat situs ini membentuk sebuah jaringan terpada pada tahun 1969. Pada bulan Oktober 1972, ARPANET mulai diperkenalkan secara umum. Tidak lama setelah diperkenalkan secara umum, proyek ARPANET ini mulai dikenal dan banyak universitas yang ingin bergabung sehingga membuat lembaga ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Mulai banyak universitas yang ingin bergabung dengan ARPANET, maka ARPANET dibagi menjadi dua yaitu MILNET dan ARPANET. MILNET digunakan untuk keperluan militer, sedangkan ARPANET digunakan untuk keperluan non-militer, seperti keperluan universitas-universitas. Gabungan dari kedua jaringan tersebut dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet. Akhirnya, pemerintah Amerika Serikat memberikan izin kepada pihak-pihak swasta dan bisnis untuk menggunakan Internet pada tahun 1990

Jadi, teknologi internet ini ditemukan secara bertahap mulai dari pengembangan jaringan komunikasi yang digunakan untuk kepentingan militer. Teknologi internet itu terus berkembang hingga masuk ke dunia akademik, yaitu universitas-universitas. Tak lama, internet mulai dikenalkan kepada publik pada akhir tahun 1990. Dan teknologi internet mulai berkembang pesat menjelang tahun 2000.

jaringan internet

Daftar Kejadian Penting Dalam Perkembangan Internet

- Tahun 1957, Wahana luar angkasa, Sputnik diluncurkan oleh Uni Soviet (Rusia).
- Tahun 1958, Departemen Amerika Serikat mengembangkan ARPA (Advanced Research Projects Agency) bertujuan untuk mengembangkan teknologi ilmu pengetahuan yang salah satu nya adalah teknologi komputer.
- Tahun 1962, Munculnya sebuah visi, yang dicetuskan oleh J.C.R. Licklider agar komputer dapat saling terhubung. Sehingga memudahkan dalam akses program dan data. Pada tahun ini pula, diadakan nya riset yang dilakukan oleh RAND Corporation terhadap jaringan komputer terdistribusi yang digunakan untuk keperluan militer.
- Awal Tahun 1960-an, Diimplementasikannya teori packet-switching dalam dunia nyata.
- Pertengahan 1960-an, ARPANET dikembangkan oleh lembaga ARPA untuk mempromosikan proyek nya dengan menghubungkan hanya ke empat buah host komputer, yaitu Stanford Research Institute, University of California, Los Angeles, University of California, Santa Barbara, dan University of Utah.
- Tahun 1965, Ted Nelson mencetuskan istilah Hypertext.
- Tahun 1968, Dibuatnya jaringan Tymnet.
- Tahun 1971, Bertambahnya anggota jaringan ARPANET menjadi 23 buah node komputer, yang terdiri atas komputer-komputer untuk keperluan riset milik pemerintah Amerika Serikat dan Universitas.
- Tahun 1972,  Adanya sebuah kelompok kerja yang bernama International Network Working Group. Didirikannya kelompok ini, bertujuan untuk membuat standar-standar jaringan komputer dan peningkatan terhadap jaringan komputer.
- Tahun 1972-1974, Bermunculannya layanan basis data yang bersifat komersial, seperti SDC Orbit, Lexis, Dialog, dan yang lainnya yang mendaftar ke ARPANET melalui jaringan dial up.
- Tahun 1973, Bertambahnya anggota ARPANET, dari luar wilayah Amerika Serikat seperti University College of London dari Inggris dan Royal Radar Establishment dari Norwegia.
- Tahun 1974, Dipublikasikannya spesifikasi detail TCP (transmission Control Protocol) oleh Vint Cerf dan Bob Kahn dalam sebuah artikel yang berjudul "A Protocol for Packet Network Interconnection."
- Tahun 1977, ARPANET memiliki 111 buah komputer yang terhubung ke dalam jaringannya.
- Tahun 1978, Protokol TCP dibagi menjadi dua, yaitu Transmission Control Protocol dan Internet Protocol (TCP/IP).
- Tahun 1979, Dibuatnya grup diskusi Usenet oleh Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, alumni dari Duke University dan University of North Carolina Amerika Serikat. Penggunaan grup ini pun meningkat secara drastis.
- Awal 1980-an, 213 host komputer yang terhubung ke jaringan ARPANET. Selain itu PC (personal computer), mulai banyak digunakan oleh masyarakat. Para ilmuwan dan pakar ilmu komputer pun membangun CSNET (Computer Sciene Network).
- Tahun 1982, Penggunaan pertama kali nya istilah "Internet", dan penggunaan TCP/IP sebagai protokol universal.
Tahun 1986, DNS (Domain Name System) mulai diperkenalkan yang berfungsi untuk menyeragamkan sistem penamaan alamat jaringan komputer.

Teknologi internet ditemukan dengan berbagai tahapan yang ada dan juga dalam waktu yang cukup lama. Begitulah sejarah internet hingga sekarang bisa digunakan oleh masyarakat secara luas. Dengan adanya teknologi internet ini, semoga kita bisa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya.
Tag : Internet

Berlangganan : Masukan e-mail Anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru dari Blog Drim Tekno.

Feed Count Drim Tekno
0 Komentar untuk "Ringkasan Sejarah Perkembangan Internet"

Komentar dimoderasi
Komentar akan muncul apabila disetujui oleh penulis