Blogging | Komputer | Sosial Media

Cara Mencegah Virus Ransomware dengan Smadav 11.4

Akhir-akhir ini dunia digital dihebohkan dengan adanya penyebaran virus ransomware. Ransomware merupakan salah satu nama malware yang bertujuan untuk meminta tebusan terhadap korban nya yang terinfeksi malware ini. Ada dua jenis malware ransomware, yaitu locker ransomware dan crypto ransomware.

virus ransomware

Penyebaran virus ransomware bisa melalui email, situs, atau menyamar sebagai sebuah aplikasi tertentu. Akhir-akhir ini, virus ransomware menyebar dengan cakupan yang luas. Tidak hanya di negara eropa saja, bahkan salah satu rumah sakit di Indonesia pun terkena dampak virus ini. Virus ransomware ini, tentu sangat meresahkan para pengguna komputer. Terlebih bagi para institusi atau lembaga-lembaga yang memiliki data penting. Sekali, komputer terkena virus ransomware maka data yang ada akan dienkripsi (dikunci) dan akan diminta tebusan untuk membayar.

Pembayaran tebusan untuk melakukan dekripsi tersebut melalui mata uang digital yaitu bitcoin. Sehingga pelacakan pelaku pun akan sulit dideteksi. Di beberapa grup yang saya lihat, tidak sedikit user indonesia yang terkena dampak nya. Alangkah baik nya, bagi kita yang belum terkena virus ransomware ini untuk melakukan pencegahan dan selalu memback-up data yang penting.

Berbagai perusahaan antivirus melakukan pembaruan terhadap antivirus nya agar bisa mengenali dan mencegah virus ransomware ini masuk ke komputer. ESET, AVG, Bitdefender, dan antivirus lainnya sudah melakukan pembaruan untuk pencegahan virus ini. Tidak ingin kalah dengan antivirus luar, antivirus asal Indonesia pun melakukan pembaruan.

Ya, smadav pun ikut serta dalam pencegahan penyebaran virus ransomware. Smadav menambahkan fitur-fitur baru pada pembaruan versi 11.4. Diantara pembaruan nya yaitu penambahan database virus, peningkatan proteksi anti ransomware, penggunaan resource cpu lebih ringan, dan lain-lain. Sehingga dengan adanya pembaruan ini, para user dari Indonesia bisa menggunakan antivirus lokal untuk pencegahan terkena virus ransomware.

Sebelum terkena dampak dari virus ransomware. Saya sarankan untuk mencegah nya dan salah satu nya dengan menggunakan antivirus lokal, yaitu Smadav. Selain itu, smadav memberikan tips-tips terkait virus ransomware yang ada pada gambar dibawah ini :
smadav anti ransomware

Download antivirus smadav terbaru di situs resmi nya www.smadav.net. Jangan lupa dukung antivirus ini dengan membeli versi PRO nya.

Berikut tampilan Smadav Rev 11.4 dengan fitur Anti-Ransomware :
cegah ransomware

Dengan menggunakan antivirus smadav, anda sudah melakukan antisipasi dari virus ransomware. Selain itu, anda pun harus selalu memback-up data penting dan juga melakukan pembaruan pada sistem operasi untuk meningkatkan keamanan komputer.
Tag : Komputer, Tips

Berlangganan : Masukan e-mail Anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru dari Blog Drim Tekno.

Feed Count Drim Tekno
0 Komentar untuk "Cara Mencegah Virus Ransomware dengan Smadav 11.4"

Komentar dimoderasi
Komentar akan muncul apabila disetujui oleh penulis