Blogging | Komputer | Sosial Media

Cara Memperbaiki Hard Disk External yang Tidak Terbaca

Hard disk eksternal merupakan salah satu media penyimpanan tambahan. Selain dari hard disk utama yang terpasang pada komputer kita. Jika kita memiliki banyak data yang harus disimpan, kita bisa membeli sebuah hard disk eksternal sebagai penyimpanan data cadangan. Dalam membeli sebuah hard disk eksternal, kita diberikan berbagai pilihan. Mulai dari jenis, ukuran, kapasitas, dan harga hard disk nya. Kita bisa membeli hard disk sesuai dengan yang dibutuhkan. Jika memang bingung untuk menentukan hard disk, kita bisa konsultasi ke orang yang lebih paham mengenai komputer.

Dengan banyaknya varian hard disk yang ditawarkan. Tentu nya, hal tersebut berpengaruh terhadap kualitas hard disk nya. Secara keumuman, kualitas barang selaras dengan harga yang ditawarkan. Selain dari kualitas hard disk, kita pun harus bisa menggunakan hard disk dengan baik agar penggunaan nya bisa lebih awet.

Terkadang ketika kita menggunakan hard disk eksternal, pada sistem windows tidak terbaca. Jika hal seperti itu terjadi, anda tidak perlu panik. Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengatasi hard disk eksternal tidak terdeteksi :
1. Cek melalui disk management
Disk management merupakan fitur yang ditawarkan oleh Windows. Aplikasi ini berfungsi untuk mengelola semua disk yang terpasang di komputer. Dengan menggunakan aplikasi ini, kita bisa melihat berbagai informasi berkaitan dengan hard disk, termasuk hard disk eksternal. Terkadang hard disk eksternal tidak terbaca di Windows Explorer, namun masih terdeteksi di Disk Management. Caranya yaitu :
- Anda tekan Windows + R pada keyboard. Lalu ketikkan "diskmgmt.msc", setelah itu klik run.
- Nanti akan muncul aplikasi Disk Management. Dalam aplikasi tersebut bisa terlihat semua disk yang terpasang di komputer. Baik itu hard disk komputer (primary) maupun hard disk eksternal.
disk management
Jika memang tidak terbaca di Windows Management. Coba pindah port USB nya, pasangkan kabel usb hard disk ke port USB yang lain. Anda bisa mencoba untuk melakukan format pada hard disk. Semua data dalam hard disk akan terhapus, tapi tidak ada salah nya kalau dicoba.

2. Melakukan install ulang driver hard disk
Caranya yaitu :
- Klik kanan pada PC, pilih opsi properties, lalu masuk ke device manager.
- Cek pada kabel USB yang terpasang, lalu klik kanan pada device tersebut. Dan pilih update driver software.
device manager

3. Melakukan low level format
Sebenarnya, low level format ini mirip dengan format biasa. Namun, dengan menggunakan metode ini, data hard disk akan dihapus sampai benar-benar bersih. Anda bisa mencoba metode ini dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, seperti HDD Low Level Format atau Seatools buatan Seagate. Proses format yang dilakukan bergantung kepada kapasitas hard disk dan isi data nya. Semakin besar kapasitas hard disk, maka semakin lama waktu yang dibutuhkan.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengecek hard disk eksternal jika tidak terbaca. Jika anda memiliki cara-cara yang lain, bisa share informasi nya lewat kolom komentar ya.
Tag : Komputer

Berlangganan : Masukan e-mail Anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru dari Blog Drim Tekno.

Feed Count Drim Tekno
DMCA.com Protection Status
0 Komentar untuk "Cara Memperbaiki Hard Disk External yang Tidak Terbaca"

Komentar dimoderasi
Komentar akan muncul apabila disetujui oleh penulis